Tips membuat daftar riwayat hidup untuk mencari pekerjaan

Para Pengusaha biasanya menggunakan daftar riwayat hidup selama proses perekrutan untuk mempelajari lebih lanjut tentang pelamar dan apakah mereka cocok. Daftar riwayat hidup Anda harus mudah dibaca, merangkum pencapaian dan keterampilan Anda, dan mencantumkan pengalaman yang relevan. Di bawah ini adalah 10 tips untuk membantu Anda untuk mengetahui cara membuat daftar riwayat hidupyang bagus.

Berikut adalah beberapa tips menulis daftar riwayat hidup:

  1. Cari kata kunci dalam posting pekerjaan

Tempat terbaik untuk memulai ketika
bersiap untuk menulis daftar riwayat hidup adalah membaca posting pekerjaan
yang Anda minati dengan cermat. Ketika Anda melamar pekerjaan yang berbeda,
Anda harus mempelajari setiap deskripsi pekerjaan untuk kata kunci yang
menunjukkan apa yang dicari oleh perusahaan dalam kandidat yang ideal. Masukkan
kata kunci tersebut dalam daftar riwayat hidup Anda jika relevan. Misalnya,
jika Anda melamar pekerjaan sebagai Coder Penagihan Medis, pemberi kerja dapat
mencantumkan kata kunci seperti “pengkodean”, “pengajuan
klaim,” “kepatuhan,” atau “manajemen AR” dalam
deskripsi pekerjaan. Berikan perhatian khusus pada apa pun yang tercantum di
bagian yang berlabel “Persyaratan” atau “Kualifikasi.” Jika Anda memiliki
keterampilan yang dicari oleh pemberi kerja, Anda dapat menambahkan istilah
yang sama pada daftar riwayat hidup Anda di bagian pengalaman atau
keterampilan.

  •  Tinjau
    contoh daftar riwayat hidup untuk industri yang Anda minati

Saat menyusun
daftar riwayat dihup Anda, Anda dapat mempelajari contoh daftar riwayat hidup
dari industri Anda untuk mendapatkan inspirasi dan hasil terbaik. Meskipun ada
banyak cara Anda dapat menggunakan sampel rdaftar riwayat hidup, ada tiga
takeaways utama yang harus Anda cari:

  • Buatlah yang sederhana dan mudah dibaca. karena
    pengusaha memiliki sedikit waktu untuk meninjau daftar riwayat hidup Anda, dan
    gunakan font yang mudah di baca juga
  • Buat yang singkat. Anda akan melihat bahwa setiap
    bagian dari contoh daftar riwayat hidup pendek dan to-the-point, termasuk
    ringkasan dan deskripsi pengalaman. Termasuk hanya mencantumkan informasi yang
    paling penting dan relevan berarti pengusaha dapat mengkonsumsi lebih banyak
    informasi tentang Anda, dan lebih cepat memahami Anda untuk peran tersebut.
  •  Gunakan
    font profesional

karena
pengusaha hanya memiliki waktu singkat untuk meninjau daftar riwayat hidup
Anda, maka saat kalian membuat daftar riwayat hidup harus sejelas dan semudah
mungkin untuk dibaca. Anda harus menggunakan font yang normal seperti Arial,
Calibri atau Times New Roman. Pertahankan ukuran font Anda antara 10 dan 12.
Memilih font yang jelas dan mudah dibaca akan membantu membuat daftar riwayat
hidup Anda terlihat lebih profesional. Anda juga harus memastikan mengurangi
atau menghilangkan space yang terlalu banyak. Terlalu banyak ruang kosong
mungkin membuat daftar riwayat hidup Anda tampak jarang, mengganggu audiens dan
mungkin membuat pengusaha malas membaca daftar riwayat hidup anda. Dengan
mengurangi ruang yang kosong, Anda membuatnya lebih mudah bagi pembaca daftar
riwayat hidup untuk fokus hanya pada konten daftar riwayat hidup Anda . Anda
dapat mengurangi ruang kosong dengan meningkatkan ukuran font hingga 12 poin
dan mungkin menambahkan bagian opsional tambahan seperti
“Keterampilan” atau “Penghargaan dan Prestasi.”

  • Masukan informasi yang penting saja

Masukan
informasi yang penting dan relevan terlebih dahulu meskipun anda memiliki
pengalaman kerja atau pendidikan yang luas, penting untuk menjaga resume anda
menjadi sesingkat mungkin tanpa meninggalkan informasi kunci

Leave a Reply