Bukti Kemajuan Teknologi dalam Pendidikan

Bukti Kemajuan Teknologi dalam Pendidikan. Semakin bertambah tahun, manusia terus berinovasi dalam bentuk temuan-temuan baru di berbagai bidang. Temuan yang terus berkembang ke arah semakin canggih adalah dalam bidang teknologi. Sudah tidak terhitung berapa temuan benda canggih yang bisa bekerja secara otomatis dan memudahkan pekerjaan manusia. Kecanggihan alat-alat tersebut juga menjadi bukti kemajuan pemikiran manusia.


teknologi dalam pendidikan

Baca juga artikel lain di : https://44212010027.blog.mercubuana.ac.id/

Pendidikan yang menjadi dasar kehidupan manusia juga tak luput dari pengaruh kemajuan teknologi. Banyak kemajuan dalam dunia pendidikan berkat dari kecanggihan teknologi. Salah satunya adalah maraknya situs pendidikan di internet. Situs pendidikan umumnya berisi materi belajar dari berbagai mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Setiap pelajaran juga terdiri dari bab-bab lengkap dengan pembahasannya.

Salah satu situs pendidikan yang lengkap adalah Fredoomnesia. Situs tersebut berisikan materi yang dikategorikan dalam beberapa mata pelajaran. Setiap artikel membahas tentang satu bab yang disertai dengan pembahasan secara terperinci. Secara rutin, konten dalam situs tersebut juga terus diperbarui untuk menyediakan informasi dan pengetahuan terkini sesuai dengan kebutuhan di dunia pendidikan. Dilengkapi dengan gambar, setiap pembahasan menjadi lebih mudah dimengerti.

Sebagai bukti kemajuan teknologi dalam pendidikan, situs pendidikan menjadi jawaban bagi permasalahan kesulitan siswa. Dengan internet, semua siswa bisa mengakses situs pendidikan untuk mendapatkan pengetahuan baru yang lebih lengkap. Materi yang didapatkan bisa menjadi bahan untuk menyempurnakan tugas sekolah. Dari situs pendidikan, siswa bisa memperoleh ilmu dari seluruh dunia hanya dengan mengoperasikan gadget.

Kemunculan berbagai situs pendidikan juga menjadi sarana bagi siswa untuk belajar mandiri. Hal ini sesuai dengan sistem pendidikan masa kini yang lebih menekankan siswa untuk belajar secara mandiri tanpa banyak bergantung pada penjelasan guru. Siswa bisa mengakses sendiri materi yang diperlukan melalui internet untuk kemudian mengolahnya sesuai kreativitas. Selain lebih mandiri, siswa juga menjadi lebih aktif dan kreatif.

Kemajuan teknologi dalam pendidikan juga menjadi sarana untuk pembelajaran jarak jauh. Untuk bisa belajar sekarang tidak harus hadir dalam kelas dan bertatap muka langsung dengan pengajar. Melalui situs pendidikan yang bisa diakses dari internet, belajar bisa dilakukan di manapun dan kapanpun. Belajar tidak lagi terikat dengan waktu dan kewajiban tertentu seperti yang dilakukan di sekolah.

Kemunculan situs pendidikan juga menjadi kemudahan bagi pengajar. Pengajar atau guru bisa lebih mudah ketika memberikan materi pada siswa. Ditambah lagi, materi dalam internet akan abadi, tidak ada risiko rusak seperti di buku. Materi akan tetap bisa diakses selamanya, kecuali jika memang situs telah rusak atau konten materi dihapus oleh penulisnya. Pengecualian juga berlaku jika materi telah ketinggalan zaman dan tergantikan materi baru yang lebih sesuai dengan sistem pendidikan terkini.

Perkembangan teknologi dalam pendidikan juga terlihat dari pemanfaatan situs untuk menampilkan profil pendidikan. Sebuah situs tidak hanya menampilkan materi pembelajaran, namun juga berisi informasi mengenai sebuah lembaga. Dengan informasi jelas mengenai sebuah lembaga, diharapkan calon peserta didik mendapatkan penjelasan tentang lembaga yang akan ia masuki. Mengetahui informasi tersebut tanpa harus datang langsung ke lokasi.

Bukti kemajuan teknologi dalam pendidikan telah banyak membantu semua pelaku pendidikan, baik pengajar maupun pembelajar. Dengan teknologi yang semakin berkembang, diharapkan juga bisa membawa kemajuan bagi sistem pendidikan terutama di Indonesia. Untuk jangka panjang, teknologi diharapkan mampu membawa pendidikan menjadi lebih maju seperti yang sudah diberlakukan di negara-negara maju.

Leave a Reply