Indeks Harga Saham Gabungan yang Perlu Kamu Ketahui

Indeks Harga Saham Gabungan yang Perlu Kamu Ketahui! Nah, berbicara mengenai indeks harga saham gabungan pasti kamu tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini di analisafundamental.com. Bagi kamu yang mempunyai saham tentunya mengenal istilah ini, indeks harga saham gabungan. Tetapi tidak jarang ada saja orang yang belum mengetahui tentang indeks harga saham barang.


indeks harga saham gabungan

Baca juga artikel lain di : https://44212010027.blog.mercubuana.ac.id/

Indeks harga saham gabungan atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan IHSG. IHSG ini mempunyai peranan penting dalam dunia bursa saham. Sudah banyak beberapa perusahaan yang merupakan salah satu bagian dari indeks harga saham gabungan atau IHSG.

IHSG ini mempunyai banyak saham perusahaan seperti indeks LQ45, jakarta Islamic index atau yang biasa dikenal dengan JII, indeks sektoral dan indeks individual. Mau tahu bagaimana kelanjutannya? Yuk mari simak penjelasan saya mengenai indeks harga saham gabungan sebagai berikut:

Fungsi Indeks Harga Saham Gabungan

indeks harga saham gabungan atau yang biasanya dikenal dengan IHSG. IHSG mempunyai beberapa fungsi seperti bisa menjadi tanda arah pasar, bisa mengukur laba yang didapat dan yang terakhir untuk mengukur kinerjanya. Fungsi IHSG yang pertama adalah bisa menjadi tanda arah pasar. IHSG biasanya bisa dijadikan sebagai tanda arah pasar, hal itu dikarenakan karena tingginya nilai dari beberapa saham sehingga IHSG bisa dinilai sebagai tanda arah pada sebuah pasar.

Dalam mengamati beberapa pergerakan yang ada pada IHSG tentunya pasti ada beberapa bagian penting agar pergerakan tersebut bisa berjalan dengan lancar. Pada IHSG, ada beberapa saham perusahaan yang menggunakan BEJ. Nah, bagi kamu yang pernah berisvestasi di salah satu saham perusahaan, kamu bisa melihat pergerakan saham perusahan yang kamu investasikan melalui IHSG. Dalam memperhatikan pergerakan saham perusahaan pada IHSG pastikan kamu sudah mengetahui beberapa hal.

Fungsi  indeks harga saham gabungan yang kedua adalah bisa mengukur laba yang didapat. Dalam mengukur laba yang didapat, kamu harus tahu bagaimana caranya menghitung IHSG. Ada kalanya saham perusahaan kamu mengalami penurunan dan ada juga saham perusahaan yang mengalami kenaikan. Bisa saja saham kamu saat ini mengalami penurunan tetapi beberapa tahun kemudian saham perusahaan kamu mengalami kenaikan. Nah, kemudian laba yang kamu dapat bisa saja lebih dari laba yang kamu inginkan.

Jika saham kamu mengalami pergerakan yang tinggi, berarti laba yang kamu raih juga tinggi. Tetapi berbeda jika kamu mengalami penurunan yang signifikan, yang pada artinya kamu akan mengalami kerugian. Dan sebenarnya kamu tidak mengira akan mendapatkan kerugian tetapi kerugian sendiri yang datang kepada kamu. Dalam berinvestasi di indeks saham tentunya akan membuat kamu mendapatkan keuntungan atau kamu bisa menelan kerugian dari hasil pergerakan saham tersebut.

Fungsi yang ketiga dari indeks harga saham gabungan adalah untuk mengukur kinerjanya. Dalam mengukur kinerja setiap saham perusahaan tentu mempunyai perbandingan tersendiri antara kinerja yang satu dengan kinerja yang lainnya. Agar bisa mengukur kinerjanya tentunya harus ada beberapa hal yang kamu pastikan seperti beberapa aset invetasi saham perusahaan dan masih banyak lagi.

Biasanya aset investasi saham tersebut bisa dilakukan oleh sendiri dan bisa dengan pihak perusahaan. Dalam aset investasi saham ada satu hal yang penting adalah portofolio. Portofolio bisa menjaminkan bahwa saham perusahaan baik atau bisa juga dibilang buruk. Setiap portofolio tentunya memiliki makna yang berbeda – beda.

Demikian artikel tersebut mengenai indeks harga saham gabungan. Semoga bisa membantu kamu dalam mengenal saham dan semoga terhibur dengan artikel ini.

Leave a Reply