Ketahui Beberapa Bahaya Android bagi Anak

Ketahui Beberapa Bahaya Android bagi Anak– Android yang merupakan alat komunikasi digital berupa ponsel pintar tidak hanya digunakan oleh orang dewasa. Anak-anak, bahkan yang masih di bawah umur pun turut mahir mengoperasikannya. Bahkan terkadang beberapa orang tua justru membekali ponsel pintar tersebut bagi buah hati mereka.


bahaya android

Baca juga artikel lain di : https://44212010027.blog.mercubuana.ac.id/

Tahukah anda bahwa android memiliki dampak negatif untuk anak-anak? Terlebih jika orang tua tidak mengontrol saat anak menggunakannya. Seperti sudah diketahui, banyak aplikasi yang membuat siapa saja termasuk anak-anak betah berlama-lama menghabiskan waktu bersama android. Untuk itu, ketahuilah beberapa bahaya android bagi anak.

Terganggunya Pertumbuhan Otak

Mulai dari usia 0-2 tahun hingga 21 tahun, otak anak akan bertumbuh dengan cepat. Pertumbuhan dan perkembangan otak ini dipengaruhi oleh lingkungannya. Akan tetapi terlalu sering mendapatkan stimulasi dari android, akan membuat keterlambatan kognitif, gangguan belajar, hingga kemandirian anak akan menurun.

Melambatnya Tumbuh Kebang Anak

Jika sudah kecanduan menggunakan android, maka anak biasanya akan jarang bergerak. Hal ini mengakibatkan lambatnya tumbuh kembang bagi si anak. Anak akan cenderung pasif karena hanya disibukkan dengan teknologi. Bahaya android apabila digunakan secara berlebihan oleh anak, juga akan berpengaruh negatif terhadap prestasi akademiknya.

Mengakibatkan Pikun Digital

Anak yang aktif bermain android, seringkali tidak dapat fokus pada sesuatu. Hal ini diakibatkan oleh kecepatan konten di media yang juga terdapat pada android. Oleh sebab itu, kemampuan konsentrasi dan memori anak akan menurun. Dengan demikian, anak akan sulit memusatkan perhatian dan mengalami kesulitan belajar. Kondisi ini dapat memicu suatu keadaan yang disebut juga pikun digital.

Dapat Terkena Radiasi Emisi

Pada tahun 2011 lalu, WHO menyatakan ponsel, gadged tanpa kabel lainnya ke dalam katagori risiko 2B atau penyebab kemungkinan kanker. Hal itu dikarenakan radiasi emisi yang dikeluarkan oleh alat tersebut. Di tahun yang sama, salah satu lembaga kesehatan di Kanada juga memberi peringatan bahwa anak-anak lebih sensitif terhadap rasiasi dibandingkan dengan orang dewasa.

Simak informasi lainnya dengan adanya Android saat ini banyak memberi Anda keuntungan untuk Anda terutama untuk para gamer. Dengan adanya Android Anda bisa lebih mudah bermain game seperti game judi poker deposit pulsa.

Pemberian android terhadap anak memang dapat memberi beberapa manfaat. Misalnya dapat memudahkan komunikasi apabila akan menjemput anak atau hanya sekadar agar anak senang sehingga tidak mengganggu aktivitas orang tua. Akan tetapi segala sesuatunya harus tetap dalam kontrol orang tua, sebab banyak bahaya andoid yang dapat berdampak negatif terhadap buah hati anda.

Leave a Reply