Lengkapi Kebutuhan Nutrisi Tubuh dengan Suplemen Tambahan

Diet keto dilakukan dengan mengatur asupan tubuh dengan makanan yang tinggi lemak, protein sedang, dan rendah karbohidrat. Hal ini dilakukan untuk membuat tubuh mencapai kondisi ketosis di mana tubuh akan membakar lemak sebagai sumber energi akibat ketiadaan glukosa dalam asupan harian. Meskipun terbukti cukup ampuh dalam mengatasi berat badan berlebih, para ahli kesehatan mengatakan bahwa ada beberapa kelemahan pada diet keto, seperti hilangnya massa otot, diare, dan kondisi yang disebut flu keto.


SehatQ.com

Baca juga artikel lain di : https://44212010027.blog.mercubuana.ac.id/

Kelemahan lain dari keto yang juga cukup esential adalah berkurangnya asupan nutrisi penting karena banyaknya jenis bahan makanan yang perlu dihindari selama menjalani diet. Itulah sebabnya ada banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh yang terlewat. Seperti dikutip dari SehatQ.com berikut ini adalah beberapa jenis suplemen yang perlu Anda lengkapi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh saat menjalani diet keto:

1. Magnesium

Banyak makanan tinggi magnesium, seperti biji-bijian, pisang, dan kacang-kacangan, tidak ramah untuk menu keto karena mengandung terlalu banyak karbohidrat per porsinya. Itulah sebabnya Anda akan membutuhkan asupan magnesium dari suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Dalam hal ini, magnesium adalah mineral yang penting dalam membantu mengatur saraf, otot, dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, magnesium juga memiliki peran dalam membangun tulang yang kuat, menjaga kadar gula darah, dan menjaga detak jantung Anda tetap stabil. Untuk menu keto dengan kandungan magnesium, Anda dapat memilih beberapa jenis sayuran sepertibayam, brokoli, kale, biji labu, dan biji bunga matahari. Jika Anda merasa membutuhkan asupan magnesium tambahan, pastikan untuk melakukan konsultasi dengan dokter mengingat magnesium berlebihan dapat menyebabkan diare.

2. Kalsium

Susu dan beragam produk susu tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh orang dengan diet keto karena kandungan karbohidrat yang tinggi. Padahal, susu memiliki peran penting dalam memenuhi asupan kalsium seseorang, khususnya para wanita yang setidaknya mengkonsumsi 1.000 hingga 1.300 mg kalsium setiap hari. Dalam hal ini, kalsium adalah mineral yang membantu Anda menjaga kesehatan tulang serta mendukung komunikasi otot dan saraf. Selain itu, kalsium juga berperan besar dalam membantu sistem kardiovaskular dan mendukung pelepasan hormon.

Susu dan beragam produk susu tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh orang dengan diet keto karena kandungan karbohidrat yang tinggi. Padahal, susu memiliki peran penting dalam memenuhi asupan kalsium seseorang, khususnya para wanita yang setidaknya mengkonsumsi 1.000 hingga 1.300 mg kalsium setiap hari. Dalam hal ini, kalsium adalah mineral yang membantu Anda menjaga kesehatan tulang serta mendukung komunikasi otot dan saraf. Selain itu, kalsium juga berperan besar dalam membantu sistem kardiovaskular dan mendukung pelepasan hormon.

Meskipun begitu, beberapa makanan ramah keto juga dapat Anda pilih untuk memenuhi asupan kalsium seperti ikan sarden dengan tulang, salmon dengan tulang, kale, dan brokoli. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter Anda tentang berapa banyak kalsium yang Anda butuhkan untuk ditambahkan melalui suplemen berdasarkan diet dan kebutuhan Anda.

3. Zat Besi

Zat besi merupakan komponen penting dalam asupan sel tubuh agar dapat berfungsi dengan benar. Besi juga merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membuat hemoglobin, yaitu protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Untuk wanita yang tidak hamil antara usia 18-50 tahun, dibutuhkan asupan 18 mg zat besi setiap hari. Jika tidak, Anda akan merasa lesu dan lemah, dan kulit Anda mungkin tampak lebih pucat.

Bagi Anda yang melakukan diet keto, asupan zat besi dapat diperoleh dari makanan yang mengandung zat besi seperti daging dan ikan atau beberapa sayuran seperti seperti kale dan bayam. Namun, untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan jumlah zat besi yang cukup, suplemen zat besi harian akan menjadi ide yang tepat.

4. Vitamin D

Vitamin D masuk dalam kategori jenis nutrisi yang cukup sulit untuk diperoleh. Vitamin D yang diproduksi tubuh akibat paparan sinar matahari kerap sulit didapatkan karena ada kondisi sinar khusus yang diperlukan untuk mengoptimalkannya. Selain itu, sumber vitamin D lain dalam makanan masuk dalam daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat melakukan diet keto, seperti susu, jus jeruk, dan sereal.

Manfaatnya untuk untuk kesehatan tulang, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengatasi depresi menjadikan kebutuhan tubuh akan nutrisi ini sangat penting untuk Anda penuhi. Untuk mendapatkan asupan harian yang direkomendasikan (600 IUs), Anda bisa beralih pada konsumsi ikan berlemak yang disetujui keto seperti salmon dan tuna. 

5. Serat

Terakhir, asupan nutrisi yang juga penting untuk Anda konsumsi selama melakukan diet keto adalah serat. Manfaatnya untuk menjaga saluran pencernaan tidak boleh Anda lewatkan untuk menjaga kesehatan. Sayangnya, sebagian besar sumber serat berasal dari roti, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran yang kaya akan karbohidrat, dan pastinya tidak ramah keto.

Mengingat bahaya kekurangan serat dapat mengakibatkan beragam penyakit kesehatan kronis seperti penyakit jantung, kanker usus besar, hingga obesitas, Anda perlu menambah asupan suplemen dengan kandungan serat tinggi.

Itulah beberapa suplemen penting yang perlu Anda konsumsi untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh. Apapun pilihan Anda untuk pola makan, pastikan untuk selalu menjaga keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Leave a Reply