Tips Perawatan dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Over Jinak

Bagi para kicau mania yang suka cucak ijo atau cucak hijau, yang sering kali dijumpai adalah burung yang terlalu jinak.

Burung Cak Ijo

Baca juga artikel lain di : https://44212010027.blog.mercubuana.ac.id/

Bagi hewan lain, jinak mungkin adalah hal yang sering kali diinginkan. Selain bisa lebih akrab, hewan peliharaan juga bisa jinak juga bisa bertingkah lucu.

Hal tersebut justru sangat dan harus dihindari bagi Anda yang memelihara burung cucak ijo. Pasalnya, burung cucak ijo yang terlalu jinak justru akan membuat penampilannya dalam lomba menjadi menurun drastis. Bahkan bisa tidak berkicau sama sekali. Jika sudah demikian, jangan harap ia dapat memenangkan perlombaan.

Jika sudah terlanjur terjadi hal yang demikian, maka Anda harus bisa melakukan perawatan untuk mengatasi cucak ijo yang terlalu jinak tersebut.

Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo yang Terlalu Jinak (H2)

Burung cucak ijo yang over jinak memang tidak baik, tapi yang terlalu giras dan agresif juga tidak baik. Untuk itu, buatlah cucak ijo Anda menjadi sedang-sedang saja. Tidak terlalu jinak dan juga tidak terlalu agresif.

Untuk menangani hal tersebut, Anda bisa lihat pembahsannya di bawah ini.

Jangan Menggoda dan Memanjakannya (H3)

Jika Anda sering memberi makan cucak ijo dengan cara disuapi menggunakan tangan, maka mulai sekarang hentikan kebiasaan itu. Selain itu, Anda juga jangan terlalu sering menggoda cucak ijo, hal ini dapat membuat si burung akan menjadi luluh dan terlalu jinak nantinya.

Full Kerodong (H3)

Untuk mengembalikan karakter fighter pada cucak ijo yang terlalu jinak, Anda bisa melakukan full kerodong seharian pada sangkar si burung. Dengan demikian, nantinya si burung akan kembali giras dan agresif. Tentu saja tidak akan instan, burung waktu dan proses.

Gantang di Tempat yang Tinggi dan Sepi (H3)

Jika cara kedua masih belum maksimal, maka Anda bisa mencoba untuk menggantangkan sarang burung pada tempat yang tinggi dan juga sepi. Hal ini akan membuat burung berasa di alam liar, sehingga karakter asli dari si burung juga akan kembali normal.

Lakukan Pengumbaran dengan Rutin (H3)

Pengumbaran mempunyai beberapa manfaat, selain untuk membuat burung menjadi giras, pengumbaran juga bermanfaat untuk melatih fisik burung agar lebih kuat, nafas burung juga akan terlatih sehingga nantinya suara burung cucak ijo saat berkicau akan jauh lebih lama lagi durasinya.

Untuk waktu dan durasinya sendiri, bisa Anda sesuaikan. Perlu di ingat bahwa, efek dari pengumbaran dapat dirasakan bukan hanya masalah durasi yang lama, tetapi juga masalah seberapa sering dan konsisten Anda melakukannya. Jadi usahakan konsisten melakukan pengumbaran. Jika ingin sehari sekali, maka lakukan setiap sehari sekali. Durasinya bisa Anda sesuaikan apakah satu jam atau dua jam.

Nah itu dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam perawatan burung cucak ijo yang terlalu giras. Semoga setelah melakukan beberapa cara di atas, cucak ijo peliharaan Anda dapat kembali normal, sehingga bisa diikut sertakan kembali dalam perlombaan. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply