Cara Menghitung Harga Kubah Masjid

Cara Menghitung Harga Kubah Masjid. Rumus perhitungan kubah masjid adalah luas permukaan dikalikan dengan harga per meter. Namun, faktor lain pun bisa menjadikannya lebih mahal atau lebih murah. Contohnya saja sepert desain kubah, model atau bentuknya, kemudian warnanya. Karena menentukan kubah masjid tidak bisa sembarangan menentukan modelnya.


kubah masjid

Baca juga artikel lain di : https://44212010027.blog.mercubuana.ac.id/

Mengapa? Karena kita pun harus memperhatikan kondisi alam sekitar, tradisi warga, serta desain yang cocok untuk bangunan. Karena kita tahu, desain maupun model dari kubah ini ada bermacam-macam sehingga tidak mudah menentukannya dalam sekali lihat. Nah, membahas model pasti berpengaruh pada harga. Yang perlu diperhatikan dalam penentuan harga kubah dari kontraktor adalah:

Harga kubah yang menggunakan standar atap rangka truss dome system full welding dengan tampilan plafon standar expose rangka. Biasanya warna dasar kubah masjid adalah putih pekat dan untuk warna pipa finishing sesuai kesepakatan atau keinginan konsumen.

Harga yang ditetapkan biasanya hanya wilayah Pulau Jawa saja, sedangkan harga untuk wilayah luar Pulau Jawa akan disesuaikan dengan akomodasi dan transport pengiriman kubah. Namun, hal ini jarang terjadi karena sekarang sudah banyak tersebar kontraktor kubah di setiap daerah, bahkan di luar pulau Jawa sekali pun.

Harga kubah masjid modern dengan bahan galvalum harga kubah-nya berkisar antara 1 juta sampai dengan 1,5 juta. Sedangkan harga per meter kubah berbahan enamel adalah 2 juta sampai dengan 2,5 juta per meter. Penghitungannya Anda tinggal mengalikan dengan luas permukaan yang akan ditempatkan untuk kubah.

Plafon juga ada bermacam jenisnya. Plafon dengan desain tambahan akan dikenakan biaya tambahan juga. Contohnya desain dengan motif awan, motif asmaul husna, motif kaligrafi, dan motif ornamen. Biaya tambahannya per meter persegi sekitar tujuh ratus ribu rupiah. Sedangkan untuk tanpa motif atau polos dikenakan biaya tambahan per meter perseginya sekitar lima ratus ribu rupiah.

Untuk ukuran kubah masjid yang saya sebutkan dihitung dari tinggi, luas permukaan, dan diameternya. Jika Anda memiliki ukuran desain sendiri, harga kubah tinggal disesuaikan saja dengan perhitungan rumus luas kubah yang sudah saya sebutkan di atas.

Sedangkan spesifikasi harganya adalah sebagai berikut: Lapisan penutup bagian paling atas biasanya menggunakan bahan panel galvalum atau enamel. Untuk pewarnaan menggunakan sistem powder coating atau cat Deco yang berkualitas baik. Pembuatan markaranya menggunakan bahan dasar dari stainless steel. Untuk kerangka dudukan panel menggunakan bahan kombinasi pipa galvanis. Sedangkan plat galvalum dan bahan untuk merman diaplikasikan sebagai lapisan yang kedap air atau anti bocor. Kerangka dudukan untuk lapisan kedap air menggunakan bahan dari pipa hallow. Terakhir adalah desain dan bentuk hiasan bagian plafon akan disesuaikan dengan keinginan atau kesepakatan konsumen.

Ada beberapa bentuk kubah masjid yang dapat dibuat dengan bahan dasar galvalum dan enamel, antara lain: bentuk kubah satu bola, setengah bola, tiga perempat bola, dan kubah dengan model bawang.

Cara perhitungan harga kubah:

Harga kubah berbahan galvalum sama dengan luas permukaan dikali 1 – 1,5jt. Jika kubah masjid dengan bahan enamel sama dengan luas permukaan dikalikan 2 – 2,5jt. Range harga tersebut tergantung dari ketebalan penggunaan plat galvalum dan enamel. Sebagai pertimbangan perhitungan bahan galvalum rata-rata dapat bertahan stabil kualitasnya selama 10 tahun. Sedangkan bahan enamel bisa lebih lama daya tahannya yaitu sekitar 30 tahun.

Catatan : CV CAHYO UTOMO KUBAH spesialis mengerjakan kubah masjid bahan enamel ,kubah galvalum , kubah stainles steell

Leave a Reply