Apa Itu Jurnal Khusus dan Ketahui Macam-macam Jenisnya

Sudah pernah mendengar tentang jurnal khusus? Bagi yang banyak bergelut di dunia akuntansi mungkin akrab dengan istilah jurnal khusus. Untuk yang belum akrab dengan istilah ini tak ada salahnya mengenal apa itu jurnal khusus.


Mengenal Apa Itu Jurnal Khusus

Baca juga artikel lain di : https://44212010027.blog.mercubuana.ac.id/

Di sini akan diberikan beberapa penjelasan terkait dengan jurnal khusus. Tak hanya itu, selain pengertian tentang jurnal khusus juga akan dihadirkan penjelasan mengenai jenis-jenis jurnal khusus. Selengkapnya akan dijabarkan di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Jurnal Khusus

Seperti namanya, jurnal khusus merupakan jurnal yang memiliki fungsi tertentu. Secara sederhana definisi dari jurnal khusus adalah jurnal yang fungsinya untuk tempat melakukan pencatatan berbagai bukti yang diperoleh dari terjadinya suatu transaksi. Ini semua dilakukan untuk transaksi yang sejenis.

Ada banyak transaksi khusus yang dimaksud dalam jurnal khusus. Hal tersebut lebih lanjut membuat hadirnya banyak jurnal yang digunakan sesuai dengan transaksi yang dilakukan. Tentunya masing-masing jenis digunakan untuk mencatat transaksi yang sejenis.

Baca : fungsi lembaga pembiayaan

Jenis-jenis Jurnal Khusus

Sedikit penjelasan di atas semoga memberikan gambaran dan membuat Anda semakin mengenal apa itu jurnal khusus. Seperti yang disebutkan di atas jika jenis jurnal khusus ada beragam. Masing-masing jenisnya menggambarkan kegunaannya. Lebih lengkapnya tentang jenis-jenis jurnal khusus akan dibahas di bawah ini.

1.   Jurnal Penjualan

Seperti namanya, jurnal penjualan ini berfungsi mencatat berbagai transaksi penjualan barang yang dilakukan dengan kredit. Ini biasa digunakan di dalam perusahaan dagang. Untuk kolom yang dimiliki oleh jurnal penjualan biasanya memiliki 6 kolom.

2.   Jurnal Pembelian

Jika jurnal penjualan berisi tentang transaksi penjualan yang dilakukan secara kredit, maka jurnal pembelian juga memiliki definisi yang hampir senada. Bedanya jurnal pembelian ini digunakan untuk mencatat transaksi pembelian yang dilakukan secara kredit. Biasanya banyak yang menyebut jurnal ini sebagai buku pembelian.

3.   Jurnal Pengeluaran Kas

Selanjutnya jurnal khusus yang ada adalah jurnal pengeluaran kas. Fungsi jurnal ini adalah untuk mencatat berbagai transaksi keluar yang dilakukan dengan menggunakan uang tunai. Kehadiran buku yang satu ini tentu penting untuk mengetahui arus keluar dari kas perusahaan setiap harinya.

4.   Jurnal Penerimaan Kas

Jenis buku jurnal khusus yang terakhir adalah jurnal penerimaan kas. Ini digunakan untuk mencatat pemasukan yang diperoleh dari hasil penjualan baik dalam bentuk cek maupun tunai. Jurnal penerimaan kas ini biasa juga disebut sebagai buku kas masuk.

Manfaat Jurnal Khusus

Selanjutnya harus diketahui juga tentang manfaat jurnal khusus. Ada beberapa manfaat yang dimiliki oleh jurnal khusus inilah beberapa di antaranya.

  • Adanya jurnal khusus dapat membantu proses penulisan di buku besar. Pemostingan berkala juga dapat dilakukan dengan adanya jurnal khusus. Apalagi ada beberapa jurnal yang dapat diposting secara bersamaan sesuai dengan jenis akun yang dimiliki.
  • Jurnal khusus juga dapat membantu mempermudah proses pemerkisaan yang dilakukan secara berkala. Adanya jurnal khusus membuat proses pemeriksaan dapat berjalan dengan lebih praktis. Apalagi ada jenis-jenis jurnal khusus yang dapat langsung dituju untuk dilakukan pemeriksaan sesuai kebutuhan.
  • Pencatatan yang sistematis hadir dari penggunaan jurnal khusus. Pasalnya jurnal khusus memiliki beragam jenis jurnal yang terbagi sesuai dengan jenis transaksi. Ini akan membuat laporan yang dihadirkan menjadi lebih sistematis serta efisien.

Hal-hal di atas merupakan berbagai pengetahuan yang menarik tentang jurnal khusus. Tentu dari sana dapat lebih mengenal apa itu jurnal khusus, ragam jenisnya serta kegunaannya. Jadi bagaimana sudah cukup paham terkait apa itu jurnal khusus?

Meta deskripsi : Lebih mengenal apa itu jurnal khusus, memahami jenis-jenisnya serta manfaat kegunaannya akan dijelaskan lebih lanjut di sini.

Leave a Reply