5 Keutamaan Sunnah Aqiqah dan Waktu Pelaksanaannya

5 Keutamaan Sunnah Aqiqah dan Waktu Pelaksanaannya! Aqiqah adalah suatu proses pemotongan hewan qurban yang dijadikan sebagai bentuk syukur kepada Allah atas karunia yang diberikan kepada umat muslim berupa anak. Proses yang dilakukan saat aqiqah adalah penyembelihan kambing sebagai hewan qurban. Sang anak juga dicukur rambutnya dan diberi nama serta melakukan sedekah seberat rambut sang anak yang baru dicukur tersebut.


aqiqah

Baca juga artikel lain di : https://44212010027.blog.mercubuana.ac.id/

Melaksanakan aqiqah hukumnya adalah sunnah muakkad, yaitu suatu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk di laksanakan. Terdapat 5 keutamaan dalam melaksanakan ibadah sunnah aqiqah bagi para umat Islam di dunia, ke 5 hal tersebut adalah sebagai berikut :

Pahala

Satu hal yang pasti adalah ganjaran pahala yang diterima karena telah melaksanakan ibadah sunnah aqiqah yang merupakan salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW. Hal ini merupakan bukti kecintaan kepada Nabi Muhammad dan agama Islam bagi seorang mukmin saat menjalankan sunnah Rasul yang satu ini. Karena sesungguhnya Al-Qur’an dan As-Sunnah adalah sumber dasar Islam, sedangkan aqiqah termasuk salah satu ibadah sunnah yang pernah dilakukan oleh Nabi besar Muhammad SAW.

Menghilangkan Kotoran dan Penyakit

Proses aqiqah adalah menyembelih hewan qurban dan disunnahkan untuk mencukur rambut bayi dan bersedekah. Nilai yang disedekahkan dihitung dari berat timbangan rambut bayi yang dicukur tersebut. Hal ini merupakan simbol dan niat untuk menghilangkan segala kotoran dan penyakit yang melekat pada tubuh sang bayi tercinta.

Menjadi Lebih Taat

Dengan diadakannya acara aqiqah ini biasanya disertai dengan pengajian berupa pembacaan ayat suci Al-Qur’an 30 juz atau membaca surat tahlil, surat yasin dan do’a-do’a yang lain. Dengan demikian diharapkan bisa menjadikan semua yang hadir bisa menjadi lebih taat dan cinta kepada Allah dan Nabi Muhammad.

Do’a Bagi Sang Bayi

Dengan diadakannya proses pelaksanaan aqiqah bagi sang bayi dan dengan diselenggarakannya pengajian serta dipanjatkan do’a agar mendapat berkah dan rezeki yang barokah serta selalu beriman kepada Allah SWT.

Peduli Sosial

Daging aqiqah yang sudah dipotong dan diolah selain sebagai lauk saat acara aqiqah berlangsung, sebagian lagi dibagikan kepada sanak saudara dan tetangga kiri kanan. Hal ini dimaksudkan agar bisa meningkatkan rasa solidaritas serta peduli terhadap sesama umat manusia.

Pelaksanaan aqiqah yang hukumnya sunnah muakkad sebaiknya dilakukan pada saat hari ketujuh, keempat belas dan hari kedua puluh satu yang merupakan waktu yang paling utama tapi bukan wajib. Jika kedua orang tua masih belum mampu melaksanakannya sampai dengan masa nifas sang ibu berakhir, maka wajib memberitahukan kepada sang anak.

Seperti halnya ibadah haji yang sebaiknya disegerakan pelaksanaannya saat mempunyai kemampuan dan dana yang cukup, demikian pula ibadah sunnah aqiqah. Saat anak sudah beranjak dewasa dan memiliki kemampuan secara material, ingatkan kembali perihal aqiqah yang belum terlaksana. Dengan demikian sang anak bisa melakukan aqiqah bagi dirinya sendiri.

Untuk proses pembagian daging qurban aqiqah, sebagian ulama mengatakan alangkah lebih baiknya membagikannya dalam keadaan sudah diolah atau sudah siap saji. Sehingga tidak akan memberatkan bagi orang yang menerima daging kurban tersebut.

Dengan mengetahui 5 keutamaan sunnah aqiqah dan waktu pelaksanaannya diharapkan bisa sebagai bahan pertimbangan bagi para umat muslim yang dikaruniai seorang anak untuk melaksanakan aqiqah secepatnya selagi ada kemampuan untuk menunaikan ibadah sunnah ini.

Leave a Reply