Hosting WordPress DomaiNesia

Hosting WordPress DomaiNesia. Hosting merupakan salah satu hal yang cukup penting untuk sebuah website. Hosting atau web hosting adalah tempat di mana file dan data website disimpan serta dapat diakses dan dikelola melalui jaringan internet. File website yang disimpan di hosting bisa berupa video, gambar, email, script, aplikasi, dan database.

Hosting WordPress DomaiNesia

Baca juga artikel lain di : https://44212010027.blog.mercubuana.ac.id/

Ketika kamu memiliki keinginan untuk memiliki sebuah website, domain dan hosting adalah hal utama yang harus Anda miliki. Ibaratnya hosting adalah sebuah bangunan atau rumah yang disewakan, tentu ukurannya setiap bangunan berbeda. Sama dengan pengertian di atas, setiap layanan akan menyediakan space atau tempat penyimpanan yang berbeda. Jika kalian bingung ingin menyewa hosting di mana, DomaiNesia merupakan rekomendasi hosting murah terbaik di kalangannya.

Tentunya, jika kamu ingin menggunakan hosting, terlebih dahulu kamu harus memiliki sebuah website, di sini, terdapat banyak pilihan. Salah satunya adalah wordpress. WordPress adalah platform untuk membuat website dan blog. Kita tahu, jika wordpress terbagi menjadi dua yaitu wordpress.com dan wordpress.org.

Lalu, bagaimana cara membuat blog? Kalian cukup masuk ke situs resmi mereka dan klik mendaftar, ikutilah instruksinya. WordPress.com disediakan gratis, sehingga kamu tidak perlu untuk membeli domain maupun hosting. Karena kalian meminjam server mereka. Berbeda dengan wordpress.org, kalian harus membeli hosting dan domain agar website milikmu dapat diakses.

Dasar dari wordpress.org adalah CMS atau content management system di mana file website dapat berjalan dan dikustomisasi, untuk itulah peran hosting berada. Sehingga, alamat url dari website yang berbasi wordpress tidak lagi menggunakan akhiran wordpress.com melainkan nama domain dari yang kamu miliki, contohnya .net, .com, .id, dan lain sebagainya.

Karena cara membuat blog wordpress terbilang mudah, selain itu apa yang disajikannya pun mudah dipahami. Bukan hanya itu, sekitar 30 persen website di dunia ini menggunakan platform ini. Ini membuktikan betapa populernya wordpress.

Nah, berikut adalah langkah-langkah atau cara membuat blog dengan paltform wordpress.

Kamu juga bisa mendaftar atau membuat blog tanpa menggunakan akses internet. Pertama, kamu harus mengunduh file platform wordpress kemudian lakukan unzip. Pastikan untuk sudah menyediakan web server, php, MySQL terlebih dahulu di PC milikmu. Bagi kalian pengguna Windows, kamu bisa menggunakan XAMPP. Setelah memilikinya, buatlah database. Catatlah nama database, nama pengguna, dan kata sandinya agar tidak lupa.

Setelahnya kamu bisa menaruh folder wordpress yang telah diunzip tadi. Pastikan untuk mengaktifkan Apache serta MySQL-nya. Cara membuat blog terakhir adalah mengaksesnya melalui browser. Apabila berhasil, saatnya membuat file konfigurasi dan tulislah nama database, nama pengguna, dan kata sandimu. Setelahnya kamu bisa mengelola blog wordpress milikmu.

Masih ada cara lainnya, bahkan ada yang lebih mudah ketimbang cara membuat blog di platform wordpress di atas. Namun, semua kembali ke masing-masing pengguna. Lebih suka yang mana.

Leave a Reply