Mau Tinggal di Apartemen Studio? Baca 4 Tips Ini Dulu Sebelum Memilih

Bila Anda berstatus single atau tinggal sendiri, Anda tidak membutuhkan hunian yang luas. Meski begitu, bukan perkara mudah untuk memilih tempat tinggal. Dua pilihan yang paling mungkin adalah apartemen studio atau apartemen 1 kamar tidur. Keduanya memiliki keunggulan.


menyewa apartemen Mediterania Garden Residence 1

Misalnya, apartemen studio membuat Anda bisa menghemat lebih banyak uang karena harga sewanya lebih murah. Tapi apartemen studio ukurannya lebih kecil dibanding apartemen 1 kamar tidur. Apartemen studio cocok untuk mereka yang bekerja dan tidak punya banyak waktu di rumah, orang yang tidak punya banyak perabot, dan hanya mencari tempat untuk istirahat setelah bekerja. Apartemen studio juga mudah didekorasi dan tidak membutuhkan banyak furniture.

Meski Anda bisa menghemat uang, tinggal di apartemen studio bisa jadi sebuah penyesuaian besar bagi siapa saja yang belum pernah melakukannya. Anda tetap bisa menemukan apartemen studio yang memenuhi kebutuhan dengan harga yang terjangkau.

FYI, Jika Anda tengah mencari apartemen studio atau apartemen 1 kamar tidur yang bagus di Jakarta, Anda bisa menyewa apartemen Mediterania Garden Residence 1 yang berada di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Untuk memastikan Anda tidak salah pilih, pastikan apartemen studio Anda memenuhi syarat berikut:

Memiliki banyak area vertikal

Ketika tinggal di apartemen yang kecil, Anda harus bisa memanfaatkan area vertikal. Di apartemen studio, Anda akan punya area horizontal yang terbatas, jadi cari apartemen dengan area vertikal lebih luas. Dengan plafon yang tinggi, apartemen Anda tidak hanya akan terlihat lebih besar, tapi juga Anda punya banyak tempat untuk menggantung barang.

Anda bisa memanfaatkan area vertikal dengan memasang rak untuk penyimpanan tambahan atau memasang televisi di dinding, sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan rak tv. Pilih rak buku yang tinggi, jangan yang lebar, untuk membantu Anda memaksimalkan penggunaan area vertikal, bukan area pada lantai.

Banyak tempat penyimpanan

Hanya karena Anda pindah ke apartemen kecil dan ramah di kantong, tidak berarti Anda harus mengorbankan area penyimpanan. Anda tentu ingin ada banyak tempat untuk menyimpan barang, dan tidak butuh waktu lama untuk ruangan kecil jadi terlihat berantakan. Dengan menyimpan barang di lemari dan tidak terlihat, Anda bisa membuat ruangan terlihat lebih besar, lebih rapi, dan tertata.

Pencahayaan alami

Semakin terang sebuah ruangan, akan terasa semakin luas. Berdasarkan prinsip ini, memiliki banyak jendela akan membuat apartemen studio yang kecil terasa lebih besar. Selain jumlah jendela, perhatikan arah bukaan jendela karena ini akan sangat berdampak pada berapa banyak pencahayaan yang didapat apartemen Anda. Bila jendela menghadap utara atau selatan, Anda tidak akan mendapat sinar matahari langsung. Menghadap timur atau barat akan menjamin Anda mendapat sinar matahari yang cukup selama siang hari.

Juga pastikan Anda menggunakan tirai yang tidak menghambat jendela ketika dibuka. Anda ingin sinar matahari masuk ke dalam ruangan sebanyak mungkin untuk menghasilkan ilusi optik apartemen yang lebih luas. Anda juga bisa ciptakan cahaya alami di apartemen studio dengan menggantung cermin di dinding yang langsung menghadap jendela. Ini akan memantulkan cahaya dan menciptakan efek terang.

Kenyamanan

Ini adalah hal yang paling penting. Anda harus merasa nyaman di tempat yang Anda huni. Memang, apartemen studio ukurannya kecil, tapi Anda tidak perlu memilih tinggal di tempat yang membuat Anda merasa sumpek. Pastikan Anda punya cukup tempat untuk area kamar tidur dan ada area untuk beraktivitas di dalam apartemen studio Anda. Sebagai tempat tinggal, hunian Anda harus terasa seperti rumah, bukan sekat yang mempersempit ruang gerak Anda.

Kesimpulan

Apartemen studio banyak dipilih karena harga sewanya lebih terjangkau dibanding unit yang lebih besar. Tapi ini bukan berarti Anda harus mengorbankan kenyamanan Anda. Pastikan apartemen studio Anda memiliki syarat yang telah disebutkan di atas agar Anda bisa menghuninya dengan nyaman.

Leave a Reply