Penyebab Tangan Kebas dan Cara Mengatasinya

Penyebab tangan kebas satu sisi dan tangan kebas dua-duanya ternyata berbeda-beda. Untuk kebas yang terjadi pada kedua tangan secara bersama-sama bisa disebabkan oleh kelainan bawaan seperti penyakit Charcot-Marie-Tooth. Penyebab lainnya adalah karena keracunan atau logam berat.

Ada banyak bahan kimia industry yang bisa saja masuk ke dalam tubuh kita, seperti arsen, markuri, timbale dan lainnya. Dengan adanya bahan-bahan kimia tersebut maka mengakibatkan kebas pada tangan. Penyakit Autoimun juga bisa menjadi penyebab seseorang mengalami kebas. Adanya penyakit sistemik seperti peradangan kronis, amyloidosis, kerusakan pada pembuluh darah, penyakit liver, tumor jinak, dan kanker bisa juga mengakibatkan tangan kebas.

Mengkonsumsi alcohol juga memicu terjadinya kebas pada kedua tangan, karena seorang pecandu alcohol memicu kekurangan vitamin B1 di Dalam tubuh. Dan pastinya seseorang yang mengalami kebas bisa juga karena kurangnya vitamin B kompleks di dalam tubuhnya. Sedangkan penyebab tangan kebas sebelah dalam jangka panjang bisa diakibatkan karena penyakit jantung, khususnya bagi mereka yang mengalami komplikasi jantung beserta sarafnya.

Penyebab lainnya adalah tumor otak yang bisa mengakibatkan stroke. Pada penderita tertentu bisa mengalami kebas pada tangan. Seseorang yang mengalami rematik juga memiliki peluang besar mengalami kebas pada tangannya. dan begitu pula seorang yang mengalami saraf kejepit dan herpes zoster.

Sedangkan bagi orang yang mengalami kebas tangan sebelah dalam jangka waktu yang pendek bisa disebabkan oleh adanya gangguan pada peredaran darah, suplai oksigen ke bagian saraf tangan terganggu sehingga menyebabkan seseorang mengalami kebas pada tangannya. mengalami kesemutan pada tangan sebelah dalam jangka waktu yang sebentar adalah hal wajar yang tidak perlu ditakutkan.

Jika anda mengalami tangan kebas seperti di atas dalam jangka waktu yang lama, maka segera bawa ke dokter. Periksakan diri anda lakukan beberapa proses diagnose untuk mengetahui penyebabnya. Proses yang harus anda lewati antara lain Biopsi, MRI scan, CT Scan, NCV dan EMG atau pemeriksaan elektromiogram.

Dengan melalui beberapa proses diagnose tersebut maka akan diketahui penyebab dari tangan  mengalami kebas. Jika sudah tahu penyebabnya maka bisa mencari cara untuk mengobati tangan kebas. Adapun obat yang bisa digunakan untuk mengobati tangan yang kebas antara lain :

  • Obat antidepresan

Salah satu obat antidepresan yang bisa digunakan adalah amitriptyline. Obat ini memiliki dosis yang rendah yang bisa digunakan bagi anda yang mengalami kebas cukup serius.

  • Obat anti inflamasi

Salah satu obat anti inflamasi adalah aspirin. Obat ini sangat cocok menyembuhkan kebas pada tangan yang ringan.

  • Obat turunan Opium

Obat opium satu ini biasa digunakan bagi penderita tangan kebas yang parah. Salah satu obat yang dipilih adalah kodein. Sangat cocok dipilih bagi anda yang mengalami kebas cukup parah baik pada tangan maupun kaki.

  • Cara lain menyembuhkan kebas pada tangan

Selain menggunakan obat, anda juga bisa menyembuhkan kebas pada tangan dengan menggoyangkan tangan. Silahkan goyang-goyangkan tangan hingga rasa kebas menghilang.

  • Berhenti mengkonsumsi rokok

Cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kebas adalah dengan berhenti mengkonsumsi rokok. Karena rokok bisa menyebabkan pembuluh darah tidak bisa menyuplai makanan dengan lancar. Selain rokok anda juga harus menghindari allkoho, hindari diet yang berbahaya dan jauhi paparan racun.

Dengan cara-cara tersebut maka anda akan terhindar dari tangan yang kebas. Selain menggunakan cara di atas, anda juga bisa menggunakan cara alami. Adapun cara alami yang bisa dicoba adalah dengan melakukan terapi konvensional, melakukan pengobatan dengan menggunakan es, jangan lupa untuk beristirahat, lakukan peregangan sesering mungkin hingga kebas pada tangan hilang. Anda juga bisa menggunakan perban elastic untuk mengatasi kebas pada tangan.

Bisa juga dengan mengkonsumsi vitamin yang mengandung vitamin B1, B6, dan B12. Anda bisa mengkonsumsi vitamin kompleks agar terhindar dari tangan kebas. Neurobion merupakan obat yang di dalamnya mengandung vitamin B kompleks seperti B1, B6 dan B12. Dalam satu tablet terdapat 100 mg vitamin B1, 100mg vitamin B6, dan vitamin B12 sebanyak 200 mcg. Ada banyak sekali manfaat Neurobion yang bisa anda ketahui, di antaranya bisa mengatasi kebas yang terjadi pada tangan.

Di dalam neurobion terdapat vitamin B1 dan Thiamin  yang banyak ditemukan dikacang-kacangan. Vitamin ini memiliki berperan aktif dalam metabolism tubuh, mampu mempertahankan fungsi jantung dan saraf. Ada juga vitamin B6 yang biasa kita temukan didaging sapi dan dada kalkun. Vitamin ini berfungsi untuk menjaga pembuluh darah dan saraf.

Ada juga vitamin B12 yang bisa anda dapatkan did aging telur, susu organin dan ikan. Vitamin ini memiliki manfaat menambah energy, menjaga fungsi saraf dan mencegah gangguan ingatan.

Leave a Reply