Perkiraan Harga Genteng dan Kelebihannya Masing-masing

Perkiraan Harga Genteng dan Kelebihannya Masing-masing! Genteng merupakan salah satu komponen terpenting dari proses pembuatan sebuah bangunan. Genteng berfungsi sebagai pelindung paling atas dari sebuah bangunan. Genteng menjadi pelindung dan penutup bangunan agar terhindar dari panas dan hujan. Karena fungsi pentingnya ini, maka sangat penting juga untuk memilih genteng dengan kualitas dan ketahanan terbaik. Karena jika tidak memilih genteng yang berkualitas, sebuah bangunan hanya akan cepat rusak.


harga genteng

Ada begitu banyak jenis genteng yang mulai bermunculan. Jika dulu kita hanya mengenal jenis genteng tanah liat, maka sekarang jenis genteng itu hanyalah salah satu dari sekian banyak jenis lainnya. Semua jenis genteng tersebut berbeda di bahan dan cara pembuatannya. Selain itu berbagai jenis genteng juga memiliki perbedaan pada fungsi, ketahanan, dan juga harganya. Agar tidak salah membeli, sebaiknya Anda memperlajari jenis-jenis genteng sekaligus fungsi dan harganya.

Jenis genteng pertama adalah genteng tanah liat. Jenis genteng ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan untuk atap bangunan. Meskipun jenis genteng tanah liat termasuk jenis tradisional, namun genteng ini masih banyak diproduksi di berbagai tempat. Hal ini dikarenakan permintaan terhadap jenis genteng ini masih tinggi. Harga genteng ini berkisar antara Rp 900 – Rp 2.500 per biji tergantung variasinya. Harga yang tergolong murah ini juga menjadi salah satu alasan mengapa genteng tanah liat masih banyak diminati di era modern seperti sekarang ini.

Genteng tanah liat dibuat dengan proses press tanah liat menjadi bentuk tertentu. karena berbahan tanah liat, genteng ini dikenal memiliki ketahanan yang kuat. Meskipun genteng ini kuat, namun harga genteng ini tidak terlalu mahal, bobotnya tidak terlalu berat dan menambah beban atap. Inilah keunggulan genteng tanah liat dibanding jenis genteng lain. Genteng ini dipasang miring dengan menerapkan aturan inter-locking yaitu saling mengunci dan mengikat.

Jenis genteng yang termasuk genteng modern adalah genteng metal. Genteng ini berupa lembaran mirip seng. Genteng jenis ini dipasang pada balok gording rangka atap memakai sekrup. Pemakaian sekrup dikarenakan bobot genteng ini sangat ringan bahkan rentan terbawa angin. Genteng ini memiliki variasi ukuran yaitu lebar 60-120 cm, ketebalan 0.3 mm, serta panjang 1.2-12 m. Harga genteng metal ini ada di kisaran Rp 50.000 hingga Rp 90.000.

Kelebihan genteng metal adalah pemasangannya yang mudah dan cepat sehingga bisa menhemat waktu pembangunan. Selain itu genteng metal juga menghemat biaya karena ukurannya yang lebar. Kelebihan lain dari genteng metal adalah adanya lapisan anti karat. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan genteng yang bisa berubah warna akibat dari pengaruh cuaca. Bangunan Anda akan selalu nampak baru dan indah karena genteng metal yang tidak bisa berkarat. Harga genteng ini tentu berbeda dengan genteng tanah liat.

Selain kelebihan di atas, genteng metal juga terbuat dari bahan anti pecah. Ini memungkinkan atap bangunan Anda menjadi bebas bocor. Selain itu genteng metal juga genteng anti lumut. Anda bisa menghemat biaya lebih banyak karena tidak perlu melakukan perawatan seperti pengecatan ulang. Namun agar tampilan sebuah bangunan terkesan mewah dan sempurna, pemasangan genteng metal harus diperhatikan betul-betul. Karena jika pemasangannya tidak rapi akan sangat tidak indah saat dilihat.

Genteng tanah liat memiliki kelebihan tersendiri dan terbukti masih diminati hingga kini. Sementara jenis genteng metal memang terkesan lebih modern dan memiliki keunggulan tersendiri. Harga genteng kedua jenis ini memang berbeda karena bahan pembuatannya. Anda bisa menyesuaikannya dengan konsep bangunan.

Leave a Reply