Hal Penting yang Harus Ada di Surat Pesanan Membeli Barang

Hal Penting yang Harus Ada di Surat Pesanan Pembelian Barang! Surat itu seperti tidak lekang oleh waktu. Meskipun kecanggihan teknologi sudah merajai di mana-mana, tapi surat masih terus digunakan. Bukan hanya digunakan untuk perorangan saja, tapi juga oleh perusahaan, instansi, maupun organisasi. Berbeda dengan perorangan, surat yang dibuat oleh suatu perusahaan, instansi, atau organisasi digunakan sebagai sebuah bukti nyata.


surat pesanan pembelian

Selain itu, surat yang umumnya masih sering digunakan di era molenial ini adalah surat resmi. Terlebih jika suatu instansi atau perusahaan bergerak di bidang perniagaan, ada beberapa surat resmi yang perlu dibuat. Surat resmi yang biasanya juga rutin dibuat oleh perusahaan atau instansi tersebut adalah surat pesanan pembelian.

Surat pesanan pembelian dapat didefinisikan sebagai surat resmi yang dikeluarkan oleh suatu instansi atau perorangan untuk melakukan permintaan pesanan pembelian atas barang atau jasa yang dikirimkan kepada supplier. Dalam surat resmi, tentu ada point penting yang harus ada serta tercantum di dalamnya. Begitu pula dengan surat resmi yang satu ini. Ingin tahu apa saja hal itu? Berikut inilah pointpoint-nya.

Jenis barang

Sebelum membuat surat pesanan pembelian, Anda harus terlebih dahulu jenis barang yang akan dipesannya. Untuk lebih jelasnya cobak simak di https://www.kumpulansurat.co.id/. Jenis barang ini dapat berupa tipe barang, merek barang, ukuran, warna, ataupun nama dari barang tersebut. Hal ini paling penting dalam memesan barang. Oleh karena itu, harus ditulis sejelas dan sedetail mungkin agar tidak terjadi kesalahan dalam pengiriman barang nantinya.

Kualitas barang

Seperti yang Anda tahu bahwa suatu barang memiliki kualitas yang berbeda-beda. Point ini juga harus tercantum dalam memesan pembelian barang. Apakah memesan barang berkualitas rendah, sedang, atau kualitas terbaik?

Jumlah barang

Dalam pembuatan surat pesanan pembelian barang, jumlah barang juga sangat penting. Jangan sampai jumlah barangnya yang tertulis melebihi kebutuhan. Hal ini juga mencegah terjadinya kesalahan perhitungan di pihak pembeli dan supplier.

Harga barang

Harga barang yang tercantum bukan hanya total keseluruhan barang saja. Akan tetapi, Anda juga harus mencantumkan harga satuan barang yang berlaku. Hal ini bertujuan supaya supplier tidak bingung menentukan harga yang dipakai. Ini karena harga satuan dapat berubah sewaktu-waktu menurut kehendak supplier maupun akibat dari penawaran dari pihak pembeli.

Cara pembayaran barang

Point ini juga harus ada di dalam surat pesanan pembelian barang yang Anda buat. Seperti yang Anda tahu bahwa cara pembayaran tersebut ada dua cara, yaitu secara tunai atau secara kredit. Untuk cara pembayaran tunai dapat ditransfer atau dibayarkan secara langsung setelah menerima barang. Sedangkan, untuk pembayaran secara kredit, biasanya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syarat tersebut dapat berupa diskon jika membayar dalam jangka waktu tertentu dan batas waktu pembayaran. Selain itu, pembayaran secara kredit biasanya juga ditulis menggunakan istilah. Sebagai contohnya, 2/10, n/30. Ini berarti jika dilunasi kurang dari 10 hari maka akan mendapatkan diskon 2% dengan batas pelunasan selama 30 hari.

Cara pengiriman dan syarat penyerahan barang

Jangan lupa juga untuk mencantumkan cara pengiriman barangnya juga. Ada tiga cara yang umumnya digunakan, yaitu ambil sendiri oleh pihak pembeli, diantar oleh pihak supplier, atau menggunakan kurir eksternal. Jika memilih diantar, tentu ada syarat penyerahan yang juga harus tercantum di dalam surat pesanan tersebut. Syarat penyerahan barang yang biasanya dipakai, antara lain COD (Cash on Delivery), FOB (Free on Board), dan FAS (Free Along Side).

Itulah hal penting yang harus ada dan tercantum dalam surat pesanan pembelian barang. Jika Anda menerima daftar harga dari supplier, ada baiknya juga dilampirkan dalam surat pesanan tersebut. Anda juga harus membiasakan membuat surat pesanan pembelian barang yang baik dan benar, terlebih jika Anda bekerja di perusahaan atau instansi yang bergerak di bidang perniagaan.

Leave a Reply