Manfaat Beras Merah yang Belum Kamu Tahu

Manfaat Beras Merah yang Belum Kamu Tahu – Beras sudah menjadi bahan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Namun setelah banyak pengetahuan tentang kadar karbohidrat dalam beras, banyak yang lebih memilih beras merah dibanding beras putih. Alasan yang paling banyak yakni bagus untuk melakukan diet. Sehingga cara ini menjadi solusi untuk kamu semua yang gemar makan nasi tapi tetap ingin sehat. Ternyata beras merah memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat dari beras merah.


Manfaat beras merah

Beras Merah Memiliki Indeks Glikemik yang Rendah

Manfaat beras merah yang pertama yakni mendukung program diet arena memiliki kadar glikemik rendah. Kadar glikemik merupakan angka yang menunjukkan peningkatan kadar gula dalam darah akibat makan tertentu. Jika kadar glikemik semakin besar dalam makanan, maka semakin besar pula risiko peningkatan kadar gula darah setelah mengonsumsi makanan tersebut. Fluktuasi indeks glikemik juga bisa menyebabkan diabetes jika dibiarkan semakin lama. Bagi Anda yang menderita diabetes tidak masalah jika mengonsumsi beras merah.

Kamu akan Merasa Kenyang Lebih Lama

Keunggulan beras merah yakni bisa menimbulkan rasa kenyang lebih lama. Dalam beras merah terdapat enam kali lebih banyak serat dibandingkan dengan beras putih. Serat yang tinggi akan diproses di sistem pencernaan dalam waktu lama. Sehingga kamu bisa kenyang lebih lama. Rasa kenyang lebih yang dirasakan juga tidak sama dengan ketika kamu makan nasi putih. Manfaat beras merah inilah yang sering menjadi alasan banyak orang diet dengan beras merah.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat beras merah yang lainnya yakni mampu menjaga sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi beras merah bisa membantu menjaga sistem imunitas sehingga kamu tidak mudah terserang penyakit. Hal ini dikarenakan kebutuhan mikronutrisi bagi tubuh akan terpenuhi dengan baik kalau kamu mengonsumsi beras merah secara rutin.

Mencegah Penyakit pada Sistem Pencernaan

Serat yang tinggi pada beras merah tidak hanya membuat kamu kenyang, tapi juga bisa melancarkan sistem pencernaan. Dengan konsumsi beras merah kamu akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Manfaat beras merah juga membuat BAB menjadi lancar tanpa harus menyiksa kamu.

Tulang dan Gigi Pun Selalu Sehat

Dalam beras merah terdapat kandungan kalsium dan magnesium yang sangat dibutuhkan tulang maupun gigi kamu. Kebutuhan kalsium dan magnesium harian bisa dipenuhi hanya dengan mengonsumsi beras merah. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi lauk yang memiliki banyak kandungan kalsium agar bisa menggenapi asupan nutrisi tubuh. Manfaat beras merah yang satu ini memang jarang diketahu karena berkaitan dengan tulang dan gigi biasanya dikaitkan dengan susu, padahal beras merah juga mengambil andil.

Bebas Stres Berkat Beras Merah

Cara yang sangat tepat untuk mengatasi stres sepertinya tidak terlalu sulit. Anda cukup dengan mengonsumsi beras merah yang kaya kandungan vitamin B. Kandungan vitamin B ini sangat dibutuhkan untuk mengendalikan emosi agar menjadi lebih rileks. Manfaat beras merah ini sangat baik bagi kamu yang memiliki aktivitas padat seperti pekerja kantoran atau anak kuliahan. Dengan mengonsumsi beras merah secara rutin, maka kamu bisa menekan tingkat stres yang biasanya kamu alami.

Sangat rugi jika kamu melewatkan untuk mengonsumsi beras merah. Segera ganti kebiasaan pola makan sehat kamu. Kunci untuk hidup sehat ternyata sangat mudah, yakni dari makanan pokok. Jika kamu konsisten bisa mengonsumsi rutin beras merah maka bisa hidup sehat dengan waktu yang lama. Kamu akan bisa menikmati manfaat beras merah ini setelah mengonsumsinya secara rutin.

Leave a Reply