Tips Membeli HP Android Second Agar Tidak Kecewa

Tips Membeli HP Android Second Agar Tidak Kecewa – Untuk beberapa alasan, membeli smartphone bekas lebih disukai dibandingkan membeli smartphone baru. Bisa jadi harga baru untuk tipe smartphone bekas tersebut masih tinggi dan kondisinya masih beredar di pasaran. Selain itu spesifikasinya yang bagus dengan harga lumayan miring juga membuat kita lebih memilih membeli smartphone bekas. Hanya saja jika ingin membeli jenis ponsel ini, kita harus lebih jeli. Sebab tidak ada garansi resmi, potensi kerusakan, dan keamanan yang kurang bisa kita alami.


Android Second

Anda bisa membeli ponsel bekas melalui online atau langsung ke penjualnya secara offline. Ada baiknya beli ponsel second secara offline. Tujuannya agar kita tahu bagaimana kondisi barang secara langsung. Tawar menawar harga pun lebih bebas jika dilakukan secara offline. Agar hasilnya tidak mengecewakan, anda bisa mencoba beberapa cara sederhana dalam memilih ponsel second. Berikut ulasan selengkapnya untuk tips membeli hp android second yang bisa anda coba. Untuk mengetahui informasi terlengkapnya Anda bisa simak di https://www.teknocanggih.com.

.

Tips Membeli HP Android Second

1. Cek kondisi body

Pertama-tama cek kondisi body smartphone secara menyeluruh. Cek semua komponen cashing. Mungkin wajar jika mengalami goresan karena pemakaian. Pastikan cashingnya masih original. Jika memang cashingnya sudah non-original, anda bisa menawar harganya lebih turun lagi. jangan sampai ada cashing yang retak atau layar yang tergores parah. Sebab akan merugikan anda sebagai pembeli.

2. Cek kelengkapan hp

Cek juga kelengkapan bawaannya. Ketahui apakah ponsel sudah dilengkapi dengan charger ori, dus box, atau headset. Jika ada salah satu kelengkapan yang tidak ada, maka anda berhak meminta harganya untuk turun. Cek keaslian charger. Jangan sampai chargernya non-ori. Sebab akan membuat baterai menjadi cepat aus dan perangkat mudah rusak dalam waktu singkat.

3. Cek harga pasarannya

Cek juga bagaimana harga pasarannya. Anda bisa browsing harga pasaran tipe hp tersebut. Lakukan tawar menawar sampai deal di kedua belah pihak. Bandingkan kondisi hp dengan patokan harga jual yang ada di website. Jika memang mendukung dan sesuai, maka anda pantas membayar sesuai dengan harga di website. Biasanya harga second akan berkurang 15-45% dari harga belinya. Jika harga baru 3 juta rupiah, maka harga bekasnya kurang lebih 1,8 sampai 1,5 juta rupiah.

4. Cek nomor IMEI

Cek juga nomor IMEI-nya agar kita tahu apakah smartphone second tersebut asli atau replika. Nomor IMEI juga bisa menjadi identitas smartphone dan harus sesuai dengan dusbox. Untuk cek nomor IMEI, anda bisa mengetik *#06#* di menu panggilan telfon. Kemudian klik panggil. Perhatikan nomor IMEI-nya. Jangan sampai tidak sesuai dengan yang tertera di dusbox. Cara satu ini sangat mendukung jika anda membeli ponsel secara bekas secara offline.

5. Pastikan sinyal dan baterai normal

Terakhir, pastikan lagi sinyal dan baterainya dalam kondisi normal. Sebab jika penerimaan sinyalnya saja jelek walaupun sudah 4G, anda akan kesulitan menggunakan ponsel. Cek juga bagaimana baterainya. Cobalah lakukan pengisian sampai penuh. Jika baterai tidak cepat habis berarti kondisinya normal. Jika baterai sifatnya removable, anda bisa melepasnya dan lihat apakah kondisinya normal atau kembung.

Demikian beberapa tips membeli hp android second agar tidak kecewa. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply