Cara Kerja dan Manfaat Infrastruktur Cloud Computing Bagi Perusahaan

Cara Kerja dan Manfaat  Infrastruktur Cloud Computing Bagi Perusahaan! Cloud Computing atau disebut juga komputasi awan adalah gabungan suatu teknologi jaringan internet yang dikombinasikan dengan teknologi komputer agar bisa menjalankan aplikasi atau program melalui komputer. Diperlukan infrastruktur dasar yang baik dan dengan rencana yang matang agar cloud computing bisa dikelola dengan baik. Bagi perusahaan yang menggunakan cloud computing bisa menginput dan mengolah data perusahaan pada beberapa komputer yang terkoneksi dengan internet dalam waktu yang bersamaan dan disimpan pada satu server yang sama.


infrastruktur cloud

Cara Kerja Infrastruktur Cloud Computing

Internet digunakan sebagai server untuk mengolah data yang masuk. Sehingga pengguna yang dalam hal ini adalah karyawan atau customer suatu perusahaan yang menggunakan infrastruktur cloud computing, bisa menjalankan suatu program yang dibutuhkan hanya dengan login pada aplikasinya yang tersambung dengan internet tanpa perlu melakukan instalasi. Secara garis besar, alur cara kerjanya adalah pengguna menjalankan aplikasi, kemudian data tersebut disimpan secara virtual melalui jaringan internet. Data tersebut kemudian diteruskan ke server aplikasi. Data/perintah yang diterima oleh server aplikasi itu kemudian diproses kembali sehingga membentuk hasil akhir pada tampilan data  yang sudah diperbaharui sesuai dengan data yang sudah di input oleh pengguna sehingga pengguna bisa merasakan hasil kerjanya tersebut.

Jadi data apapun yang di input atau diolah pengguna, semua datanya akan langsung masuk ke server utama, diolah dan dikembalikan lagi ke pengguna dalam bentuk baru yang sesuai dengan data yang di input oleh pengguna tersebut. Sehingga pengguna bisa merasakan manfaat dari menggunakan infrastruktur cloud computing untuk kelancaran usaha suatu perusahaan.

Manfaat Infrastruktur Cloud Computing

Dengan menggunakan infrastruktur cloud computing, suatu perusahan bisa menyimpan data pada satu server saja. Sehingga tidak perlu lagi menyediakan komputer dengan memori yang besar atau harus mempunyai back up data ke hardisk dengan kapasitas besar ataupun flashdisk. Cukup dengan satu server pusat saja sudah bisa menyediakan segala kebutuhan perusahaan seperti data center, storage atau media penyimpanan karena semua sudah tersedia secara virtual.

Selain data berpusat di satu server, manfaat lain infrastruktur cloud computing ini adalah keamanannya yang terjamin. Kita tidak perlu khawatir data yang sudah kita input akan hilang karena sudah dijamin oleh penyedia layanan yang kita pilih. Misalnya saja kita menyimpan nomor kontak di smartphone. Jika kita hanya menyimpannya di smartphone atau di sim card, jika sewaktu-waktu hendak ganti smartphone atau sim card kita rusak, kita akan kehilangan data yang sudah kita simpan di situ. Berbeda jika kita menyimpannya di salah satu layanan yang ditawarkan di smartphone kita, kita bebas menyimpan data berapapun jumlahnya dan tidak perlu khawatir data tersebut akan hilang.

Manfaat lainnya dari penggunaan infrastruktur cloud computing ini adalah pelayanannya yang fleksibel, yaitu layanan ini bisa digunakan dimana saja dan kapan saja asalkan ada koneksi internet. Bahkan kita bisa menambahkan data yang kita miliki tanpa perlu membeli peralatan tambahan seperti hardisk atau flashdisk. Cukup dengan menikmati layanan yang ditawarkan kita bisa menyimpan, menambah ataupun menguranginya hanya dengan cara virtual atau terkoneksi dengan internet.

Dengan mengetahui cara kerja dan manfaat infrastruktur cloud computing bagi perusahaan, diharapkan bisa membantu pembaca sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan akan memilih layanan yang sesuai dengan kriteria perusahaan. 

 

Leave a Reply