Cara Pengerjaan Beton Readymix Untuk Rumah

Cara Pengerjaan Beton Readymix Untuk Rumah! Ada Banyak opsi material yang bisa dipilih untuk lantai bertingkat rumah Anda. Material yang sering digunakan adalah semacam dak beton. Material ini sering digunakan untuk bangunan yang membutuhkan lebih pada kekuatan dan ketahanannya. Karena pengerjaan dak beton yang membutuhkan area bidang yang cukup luas, resikonya adalah area rumah Anda akan kotor dan berisik akibat aktivitas pencampuran material selama pekerjaan berlangsung.

Kini sudah banyak jenis material dak yang memberikan solusi yang bisa Anda gunakan dan pengerjaannya bisa lebih cepat dan membuat area rumah anda menjadi lebih bersih.

Berikut 4 opsi material yang bisa Anda pilih dan pertimbangkan untuk lantai bertingkat rumah atau ngedak.

Beton Cor Konvensional

Proses ini cenderung agak merepotkan dan memakan waktu yang cukup lama, karena memerlukan waktu agar beton mengeras sekitar 20 – 30 hari, akan tetapi masih cukup banyakorang yang percaya dan berasumsi bahwa beton cor konvensional bisa menghasilkan bangunan yang cukup berkualitas, kuat, dan juga tahan lama.

Kelebihan dari betoncor konvensional untuk pengecoran adalah hasilnya bisa menjadi satu kesatuan,karena dikerjakan langsung di tempat proyek pembangunan. Perlu diperhatikan ketika proses pencampuran adukan beton sering kali pekerja di lapangan mencampurkannya dengan sembarangan tanpa komposisi dan takaran yang ada.

Campuran dan kandungan air yang paling tepat adalah separuh dari kandungan semen. Misalnya untuk takaran per meter kubik dan semen yang dibutuhkan adalah 8 sak. Lalu 1sak semen memiliki berat 40kg. Total semen yang dibutuhkan adalah 320 kg. Maka air yang dibutuhkan sejumlah 160 liter.

Beton Ready mix

Apabila Anda tidak ingin repot menggunakan tenaga kerja atau tukang untuk proses pengadukan betoncor dengan menggunakan beton konvesional, Anda dapat menggunakan beton readymix yang siap di antar dari pabrik plant tanpa perlu pengolahan di lokasi proyek pembangunan.

Opsi pengecoran dengan menggunakan beton ready mix ini sangat bervariasi, tergantung tingkat  mutu, kepadatan dan kualitasnya masing-masing.Dengan berbagai macam merek beton ready mix di Indonesia memudahkan Anda untuk menentukan pilihan yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Dengan beton ready mix,Anda akan mendapatkan campuran bahan material yang tepat sehingga kualitas beton yang dihasilkan akan lebih baik.

Tingkat kualitas beton ready mix diawali dengan kode huruf “K” yang artinya kualitas. Jumlah semen yang dicampurkan pun akan diperbanyak seiring semakin tinggi angka setelah huruf “K” tersebut. Untuk rumah tinggal, biasanya jenis beton cor yang digunakan adalah K225. Harga readymix murah apabila pemesanan melebihi 10 m3 mulai dari Rp.800.000/m3 hingga Rp. 1.300.000 pada akhir tahun 2018.

Dak Keraton

Kalau Anda ingin menggunakan opsi lain yang praktis dan bersih pula, Anda bisa saja memilih dak keraton (keramik berbeton). Material jenis ini memiliki beban konstruksi yang sangat ringan tetapi tetap mempunyai kekuatan yang tidak kalah dengan dak beton. Soal rangka, biasanya dak beton menggunkaan rangka dari besi, berbeda dengan dak keraton material yang dapat menggunakan besi atau bambu sebagai rangka penopangnya. Bila Anda ingin menghemat biaya, Anda bisa menggunakan bamboo sebagai penopang. Tak perlu khawatir, kekuatan bambu juga sangat baik untuk menjadi penopang sehingga menghemat biaya yang Anda keluarkan.

Karena masih jarang sekali produsen yang mengeluarkan produk dak keratin, akibatnya tidak semua tukang sanggup menerima pekerjaannya karena belum mahir mengaplikasikan.Pemasangan material dak keratom sangat membutuhkan tukang yang sudah berpengalaman khusus karena tahapan dak keraton yang berbeda dari tahapan pemasangan dak lainnya. Bila cor beton menghabiskan biaya Rp. 800.000/m2, maka keraton hanya menghabiskan biaya Rp. 600.000/m2 (termasuk ongkos aplikasi biaya pasang, bambu, dan tukang).

Metal Deck

Metal deck yang biasa disebut pelat baja atau bondek berfungsi sebagai floor decking dalam pembuatan dak. Bentuknya bergelombang berfungsi untuk mencegah bergesernya beton dan jug amencegah beton dari risiko retak rambut.

Tergantung dari bentangan dak yang ingin dibuat, ketebalan pelat baja ditentukan dari semakin besarnya luas bentangan, ketebalan pelat baja yang digunakan untuk rumah pada umumnya 6-8mm, sedangka untuk perkantoran biasa menggunakan pelat baja yang lebih tebal, yakni 8—10mm.

Leave a Reply