Cara Menghitung Biaya Architect Service Jakarta Mudah

Cara menghitung biaya architect service jakarta mudah. Untuk memiliki sebuah hunian yang baik, baik dari sisi keindahan, multiguna, dan sisi lainnya. Desain yang baik mampu membuatnya menjadi tempat tinggal yang layak huni. Baik dari sisi kenyamanan, kesehatan, dan keamanan tempat tinggal. Namun, bisakah Anda mengatasinya di saat Anda sendiri tidak memiliki pengalaman sedikit pun akan membangun hunian?

Architect Service Jakarta

Solusinya, Anda bisa menggunakan jasa arsitek Jakarta yang banyak menawarkan layanan-layanan mereka. Termasuk urusan membangun hunian yang nyaman, layak, dan tentunya aman. Dengan menggunakan jasa arsitek, Anda akan mendapatkan perencanaan dan pembangunan rumah yang optimal dan mampu meminimalisir tingkat kesalahan dalam pengerjaan.

Sebelum menetapkan arsitek terbaik pilihan Anda. Mungkin, ada satu pertanyaan yang menghantui pikiran Anda. Berapa biaya menggunakan architect service Jakarta? Tenang, Anda bisa memperkirakannya terlebih dahulu kok. Untuk menghitungnya sendiri ada dua cara. Yang pertama menggunakan persentase berdasarkan Rencana Anggaran Biaya atau RAB dan cara kedua dihitung dari harga per meter persegi.

Nah, untuk menghitungnya sendiri silakan simak ilustrasi di bawah ini. Asumsi yang digunakan dalam penghitungan penggunaan layanan adalah … Pertama, luas tanah yaitu 160 m² atau 8 x 20 m. Kemudian, bangunan hunian rumah untuk tinggal pribadi dengan luasan area 200 m².

Cara Menghitung Biaya Architect Service Jakarta dengan Persentase Berdasarkan RAB

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan saat menghitung biaya architect service Jakarta. Yaitu :

Estimasi Nilai Proyek

Yang pertama adalah estimasi nilai proyek yang dapat dihitung dengan rumus Luas Area Terdesain x Harga Proyek per M². Sebagai contoh adalah 200 m² x 3.500.000 = 700.000.000. Rp3.500.000,- sebagai asumsi biaya konstruksi per meter persegi.

Cocokkan Kategori Bangunan yang Akan Dibangun

Ada acuan tabel tentang perhitungan imbalan architect service Jakarta – IAI. Sebagai contoh apabila nilai proyek kurang dari dua milyar, maka persentase harga arsitek pada kategori tersebut yaitu 6,48%.

Menentukan kategori bangunan ini dibagi berdasarkan pada kepemilikan dan fungsi bangunan. Dengan mengacu pada standar tabel perhitungan imbalan jasa arsitek yang ada di halaman website resmi IAI atau Ikatan Arsitek Indonesia, rumah tinggal pribadi termasuk dalam kategori ketiga.

Hitung Harga Architect Service Jakarta

Nah, untuk menghitungnya Anda tinggal mengalikan poin kedua atau persentase komisi arsitek dengan harga nilai proyek di poin pertama. Contoh : 6,48% x 700.000.000 = 45.360.000.

Jadi, diketahui bahwa luas hunian 200 m² dengan kisaran proyek berada di angka 700 juta, maka dapat dihitung dan disimpulkan perkiraan harga arsitek berkisar 45 jutaan.

Cara Menghitung Biaya Architect Service Jakarta dengan Harga Per Meter Persegi Luas Terdesain

Selain dengan cara di atas, kisaran biaya architect service Jakarta juga bisa diestimasi melalui harga jasa per meter persegi bangunan. Contoh diambil dari perhitungan sebelumnya didapatkan harga arsitek per meter persegi adalah 45.000.000 : 200 m² = 225.000/m². Umumnya, ditarik kesimpulan harga arsitek yaitu 200 – 300 ribu/m².

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada arsitek yang mematok harga di bawah atau bahkan di atas harga standar tersebut. Perbedaan harga tersebut dipengaruhi oleh pengalaman, kemampuan arsitek dalam mendesain, dan kualitas hasil desain. Tentunya, tarifnya bisa bervariasi tergantung luasan, lingkup pekerjaan, dan kategori proyek juga.

Nah, itulah dua cara untuk menghitung biaya architect service Jakarta yang pastinya mudah banget Anda lakukan. Gimana? Tertarik untuk menggunakannya?

Leave a Reply